Anak Cerdas Berbakat: Bagaimana Solusi Pendidikan dari Keluarga?

  • Whatsapp
Anak Cerdas Berbakat: Bagaimana Solusi Pendidikan dari Keluarga? - Anak Cerdas
Sumber: Unsplash/Kevin Jarrett

RUANGNEGERI.com – Kesadaran orang tua akan sistem pendidikan dan pengajaran anak mengalami peningkatan. Pusat pendidikan anak cerdas dan berbakat pun kini banyak hadir untuk memfasilitasi para orang tua.

Demi membentuk karakter dan kecerdasan anak unggul, orang tua bahkan rela merogoh kocek lebih dalam. Berbagai hal dilakukan demi memaksimalkan upaya tersebut.

Bacaan Lainnya

Mengenal Anak Cerdas dan Berbakat

Setiap orang tua tentu bangga dan senang memiliki anak berbakat. Sayangnya, mendidik anak cerdas dan berbakat bukanlah perkara mudah. Pasalnya, anak berbakat cenderung kritis dan ingin tahu akan berbagai hal.

Jika orang tua tak siap mental, mereka bakal kewalahan menghadapi tingkah laku sang anak. Ketika tumbuh dewasa, anak rentan tumbuh sebagai pribadi yang sulit diatur. Keadaan semakin sulit ketika orang tua semakin jarang berinteraksi langsung dengan anak.

Pendidikan anak cerdas dan berbakat sangat tergantung pada keluarga, lingkungan serta sekolah. Joseph S. Renzulli (2011) dalam tulisan berjudul Giftedness? Reexamining A Definition, memperkenalkan model multi-factor atau konsep tiga cincin keberbakatan.

Ia menjelaskan hubungan antara sekolah, lingkungan, dan keluarga dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak berbakat. Giftedness atau kecerdasan istimewa hanya terbentuk kalau ketiganya saling mendukung.

Ranuwijaya (2011) melalui tulisan berjudul Sekilas Mengenai Pendidikan Anak Berbakat, menjelaskan tentang pentingnya peran orang tua untuk mengenali gejala anak berbakat. Lingkungan dan orang tua harus tahu karakteristik, positif dan negatif yang ditunjukkan oleh seorang anak.

Hal tersebut akan sangat membantu orang tua dalam memilih sistem pendidikan utama maupun pendukung yang tepat. Saat berusia balita, orang tua justru memiliki andil besar dalam mengasuh dan mendidik anak. Kehadirannya akan mampu menjadi penguat kecerdasan dan bakat anak. Ketika memasuki usia sekolah, orang tua dan pihak sekolah pun harus menjalin komunikasi yang baik.

Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mendukung pengajaran di sekolah. Keterlibatannya dapat ditunjukkan dengan memberikan simultan dan pelayanan yang sejalan. Tidak begitu saja melepaskan urusan pendidikan hanya kepada sekolah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.