Sejumlah Peluang Kerja Buat Kamu yang Ingin Berkarier di Bidang Humaniora

RUANGNEGERI.com – Sarjana dengan jurusan yang masuk ke dalam golongan sosial wajib tahu tentang karir bidang humaniora. Sebelumnya, apakah kamu sudah tahu dan faham tentang humaniora?

Secara singkat, humaniora adalah ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang cara membuat setiap manusia agar lebih manusiawi dan memiliki  budaya. Jadi, sebenarnya ilmu yang ada dalam bidang ini lebih memusatkan pada kelangsungan dan perkembangan seni sesuai dengan minat masing-masing individu (Drost, 1998).

Selain itu juga menyangkut semua hal yang membahas tentang setiap individu manusia, atau hubungan antara manusia satu dengan lainnya serta golongan sosial termasuk dalam bidang humaniora.

Tidak mengherankan jika saat ini banyak orang yang mengambil jurusan ini adalah karena terpanggil untuk bisa membantu orang lain dalam permasalahannya.

Sebagai makhluk sosial, manusia tentu tidak hanya memikirkan dirinya sendiri melainkan juga sesama individu atau golongan.

BACA JUGA: 5 Cara Membangun Jaringan Karier saat Kuliah

Membangun Negeri Melalui Dunia Sosial

Pada dasarnya, ketika seorang manusia sudah ada di dunia, kita akan dihadapkan dengan berbagai masalah sosial yang tidak dapat dihindari.

Dengan adanya masalah tersebut, maka akan timbul budaya yang berasal dari akibat hubungan sesama manusia maupun akibat dari tingkah lakunya dalam hidup bersosial (Abu Huraerah, 2008).

Nah, kehidupan sosial itu sendiri tentunya tidak hanya berhubungan dengan satu atau dua orang saja melainkan banyak orang. Begitu pun masalah yang terjadi tidak selalu hal-hal kecil saja sehingga dapat diatasi sendiri.

Sebab, pada kenyataannya masih sering terjadi masalah-masalah besar, di mana harus ada orang yang mengatur. Siapa? Mereka adalah pekerja sosial dengan berbagai kelompok tak terkecuali karir bidang humaniora.

Jika melihat saat ini, di Indonesia dengan keberagamannya sering timbul suatu masalah karena perbedaan. Entah itu suku, perbedaan pendapat yang bisa menjadi konflik besar, agama, ras dan masih banyak lagi. Apabila sebelumnya persoalan seperti ini sangat jarang terjadi, hal itu karena adanya kesadaran masing-masing individu.

Tapi, sekarang dalam berorganisasi dan bermasyarakat masih banyak yang rela merusak keindahan sosial hanya karena perebutan jabatan, hak, mempermasalah kewajiban, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, akan berdampak bagus bagi negara kita jika banyak generasi muda yang turut serta mempersatukan bangsa dengan cara berkontribusi membangun Indonesia.

Pemuda-pemudi dengan kesadaran sosial tinggilah yang akan mampu memberikan manfaat bagi individu lain. Bagi kamu yang masih menyandang status mahasiswa, bertekad menjadi manusia yang memiliki intelegensi tinggi sangat penting. Itulah mengapa seringkali pada dunia pendidikan, tingkat kepekaan sosial terhadap sesama selalu diajarkan.

Mengingat tidak semua orang beruntung bisa mendapatkan hak sepenuhnya. Tidak sedikit para mahasiswa justru lalai akan kewajibannya. Pada situasi inilah karir bidang humaniora menjadi penting dan dibutuhkan di masyarakat.

BACA JUGA: Intrapersonal Koleris Berpotensi Menjadi Pemimpin yang Sukses

Memulai Karier di Bidang Humaniora

Sadar atau tidak, zaman sekarang ini banyak anak muda terutama mahasiswa yang cenderung pintar secara akademik. Mungkin hal ini disebabkan oleh asupan gizi yang semakin baik, sudah banyak lembaga pendidikan yang menyesuaikan dengan kemampuan dan potensi setiap anak, serta kemudahan akses informasi di era digital.

Namun di balik keunggulan akademik, juga seringkali terdapat kelemahan. Kebanyakan anak zaman sekarang kurang memiliki mental dan fighting spirit, sehingga jiwa sosial dan humanioranya tidak terpupuk. Apa sih manfaatnya?

Sebuah buku menarik yang diterbitkan oleh Tim ITB 86 (Institut Teknologi Bandung) dengan judul Work Your Passion, menjelaskan bahwa dengan mendapatkan ilmu sosial dan humaniora yang kuat dalam dirinya, maka orang tersebut akan menjadi manusia yang siap menghadapi persaingan ketika berkarir.

Generasi yang cemerlang tidak hanya memiliki kelebihan dalam luasnya pengetahuan saja. Melainkan juga kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar agar ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat untuk orang lain.

Jadi, sebagai mahasiswa kamu harus bisa menyeimbangkan ilmu sosial dan humaniora agar menjadi pemuda yang siap menghadapi dunia kerja. Apabila mau membangun usaha sendiri, maka modal sosial juga sangat dibutuhkan guna menghadapi persaingan usaha yang ketat.

Hal yang perlu diketahui sebagai seorang mahasiswa saat hendak memasuki dunia kerja maupun membangun usaha sendiri. Apabila kamu menjadi karyawan, maka hubungan sesama pekerja haruslah dijaga dengan baik agar tidak sampai terjadi persaingan kurang sehat.

Namun, jika ingin memanfaatkan ilmu selama menempuh pendidikan untuk membuka perusahaan sendiri. Tentunya harus memiliki jaringan luas agar banyak yang mengetahui dan dengan mudah mendapatkan mitra dalam berbisnis.

Berikut beberapa prospek bagi kamu yang mengambil jurusan kuliah bidang humaniora:

NoPeluang KerjaDetail PekerjaanHubungan
1.Copywriter IklanBiasanya semua orang yang hendak menjalani kampannye pasti akan menggunakan jasa copywriter agar banyak orang yang tertarik. Tapi dengan syarat membuat iklan tanpa menjatuhkan orang lain secara langsung.Dengan semua orang terutama dunia politik.
2.Kurator MuseumMengelola dan terus mengawasi pameran sebuah museum. Selain itu, kamu juga bertanggung jawab sepenuhnya pada pameran tersebut.Semua orang yang menyukai sejarah dan kehidupan sosial pada zaman dahulu hingga sekarang.
3.PolitikBerkecimpung dalam dunia politik yang sebagian besar turut serta dalam pemerintahan menjadi peluang besar bagi kamu. Bahkan tidak menutup kemungkinan bagi kamu untuk masuk ke dalam partai.Seluruh lapisan masyarakat.
4.Ahli SilsilahMelacak sejarah suatu keluarga.Semua orang yang ingin mengetahui sisilah keluarganya dengan jelas.
5.DiplomatJika kamu ingin memasuki peluang ini maka hendaknya dapat menguasai beberapa bahasa asing.Semua orang karena harus bisa beradaptasi, meskipun dengan orang asing.
6.ReporterSama halnya dengan jurnalis, seorang yang memulai karir bidang humaniora memiliki kemampuan menulis, membaca dan berbicara dengan sangat baik. Selain itu, hebatnya lagi memiliki pemikiran lebih kritis.Semua orang, karena harus mengetahui persoalan atau peristiwa apapun yang terjadi.
7.Dunia PendidikanKeamanan dan seni mampu menjadikan kamu sebagai pembimbing atau pengajar yang baik. Mengapa? Karena orang humaniora juga memiliki kelebihan memahami pemikiran orang lain.Murid atau mahasiswa serta teman pendidik lainnya.

Selain dari profesi di atas, tetunya masih banyak sekali peran sosial yang penting dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Apapun itu, yakinlah dengan apa yang sedang kamu kerjakan. Selama niat, cara dan tujuannya adalah baik, maka jalan kemudahan senantiasa terbuka lebar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *