Media Pembelajaran Angka Sederhana dari Rumah yang Super Simpel

RUANGNEGERI.com – Terciptanya media pembelajaran angka membuat siapapun bisa belajar angka dengan lebih cepat dan mudah, khususnya anak. Usia anak yang masih termasuk ke dalam pertumbuhan dan perkembangan membutuhkan stimulan yang berkesinambungan.

Hal itu adalah bertujuan untuk membuatnya lebih memahami pelajaran dengan mudah. Pelajaran yang dimaksudkan disini bukan hanya pelajaran dari bangku sekolah, namun juga pelajaran nilai-nilai kehidupan.

Badru Zaman & Cucu Eliyawati (2010) dalam tulisan berjudul Media Pembelajaran Anak Usia Dini, menjelaskan bahwa hadirnya media dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan proses belajar. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar yang ingin dicapai.

Penelitian lain mengenai penggunaan media pembelajaran yang sudah dilakukan. Secara umum, kesimpulan yang dihasilkan menyebutkan bahwa proses dan hasil belajar yang menggunakan media dan tidak menggunakan media menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Karena itu, menambahkan penggunaan media dalam pembelajaran sangat disarankan agar bisa meningkatkan kualitas pembelajaran.

Pembelajaran apa pun akan mudah tersampaikan dengan menggunakan media, termasuk pembelajaran angka. Peran media sangat menentukan bagaimana seorang anak bisa menangkap maksud dari apa yang sudah diajarkan.

Lewat media yang diterapkan, anak akan lebih cepat belajar dan mengerti maksud yang ingin disampaikan.

BACA JUGA: Di Era Digital Ini, Ketahui Screen Time Paling Tepat untuk Anak-anak

Pentingnya Penggunaan Media dalam Pembelajaran Angka

Konsep bilangan diajarkan melalui tahapan mencacah dari angka 1 sampai 10. Tiap anak menyebutkan secara lisan  urutan bilangan seperti satu, dua, tiga, empat dan seterusnya.

Selain itu juga bisa dilatih dengan cara menyebutkan bilangan tersebut sambil melakukan sebuah kegiatan tertentu. Misalnya menghitung banyak benda.

Dengan begitu, anak menerapkan kemampuan menyebutkan bilangan secara lisan dan korespondensi satu demi satu dari benda yang dihitungnya.

Zaman & Eliyawati (2010) kemudian menyebutkan bahwa pendidikan pada anak harus memakai sesuatu yang membuat anak belajar secara konkret.

Prinsip ini menunjukkan bahwa penggunaan media sangat diperlukan agar pesan-pesan dalam pendidikan dapat tersampaikan dengan baik pada anak.

Penggunaan media pembelajaran menurutnya akan mengantarkan informasi yang disampaikan dapat diserap anak dengan baik. Hal itu juga akan mampu melahirkan perubahan sikap yang berupa beberapa kemampuan dalam hal pengetahuan, sikap dan juga keterampilan.

Media yang sesuai akan lebih menarik perhatian anak, menumbuhkan motivasi belajar anak, pemahaman anak serta meningkatkan hasil belajar anak.

Media pembelajaran dapat memberikan manfaat dalam proses belajar yang lebih menarik perhatian anak. Sehingga anak pun dapat lebih termotivasi untuk terus belajar.

Penggunaan media pembelajaran anak mempunyai peran yang sangat penting. Hal ini dikarenakan perkembangan anak berada pada masa berpikir konkret.

Masa berpikir konkret ini akan mengantarkan anak pada cara berpikir yang berdasarkan realita. Jadi anak diharapkan dapat mempelajari sesuatu secara nyata.

Segala sesuatu akan mudah dipelajari dan dipahami jika dialami secara nyata, termasuk dalam hal angka. Anak yang mempelajari angka secara nyata akan memahami makna atau nilai dari suatu angka dengan tepat.

Mereka akan tahu bahwa angka bukanlah hanya sekedar lambang bilangan, melainkan ada makna yang lebih mendalam. Media pembelajaran angka merupakan sesuatu yang harus dipersiapkan dengan baik jika ingin mengajarkan mengenai angka pada anak.

Hadirnya media pembelajaran angka akan mengantarkan anak pada gerbang pemahaman yang lebih tinggi dengan cara yang lebih mudah.

Anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang efektif sekaligus pemahaman melalui cara yang menyenangkan.

BACA JUGA: Yuk Cari Tahu Pentingnya Dongeng Sebelum Tidur untuk Kecerdasan Anak

Media Pembelajaran Angka Sederhana yang Mudah Ditemukan

Sesuai dengan perkembangan anak, benda-benda sebenarnya dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Penggunaan benda sebenarnya seperti bunga, bola, kaleng bekas dan sebagainya berguna untuk membuat indera anak dapat terstimulus dengan baik.

Dengan stimulus itu, maka anak akan lebih bisa memahami sesuatu melalui pengalaman nyata dengan lebih menyenangkan.

Melalui media yang digunakan, anak dapat belajar dengan mudah dan memahami sesuatu dengan lebih cepat. Pemahaman secara lebih mendalam akan mengantarkan anak pada penerapannya dalam penggunaan angka dalam kehidupan sehari-hari. Mereka akan lebih mudah mengerti mengenai makna dari suatu angka.

Penggunaan media pembelajaran angka pada anak akan menjadi jauh lebih mudah jika memakai media yang tepat dengan tumbuh kembang anak. Media pembelajaran ini dapat digunakan dengan cara yang sederhana.

Cara sederhana yang digunakan ini dapat berupa dengan menebalkan garis angka, mencari gambar yang sesuai dengan jumlah angka, menghitung beberapa benda dan sebagainya.

Anak akan lebih mudah memahami bila diberikan pelajaran dengan cara yang sederhana.

Menghindari cara yang rumit adalah salah satu cara dalam menggunakan media pembelajaran angka. Jika cara yang digunakan terlalu rumit untuk anak maka peran media pembelajaran akan menjadi tidak bermakna.

Media yang digunakan akan mempunyai makna yang berarti jika diiringi dengan cara penyampaian yang begitu sederhana.

Beberapa media pembelajaran angka yang sederhana dapat ditemukan dengan mudah di rumah. Media tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Pertama, jari tangan. Jari tangan menjadi media termudah untuk mempelajari angka.

Dengan menghitung jari-jari anak akan lebih mudah mengerti maksud dari nilai suatu angka. Jari bisa membantu anak menunjukkan bagaimana angka 5 bila ditunjukkan dengan jari dan sebagainya.

Kedua, jam dinding. Di setiap rumah pasti ada jam dinding.

Anak bisa mempelajari angka melalui jam dinding. Bahkan penjumlahan dan pengurangan pun juga bisa diajarkan melalui angka yang ada pada jam dinding.

Ketiga, kalender.

Kalender yang ada di rumah bisa dipakai untuk membantu anak lebih mudah memahami mengenai angka.

Anak akan lebih menghafal bentuk angka melalui kalender yang ada sekaligus bisa belajar mengenai deretan lompat angka.

Keempat, mainan ular tangga.

Permainan ular tangga menjadi sarana pembelajaran angka yang sangat menyenangkan untuk anak. Anak bisa belajar angka penjumlahan dan pengurangan melalui permainan ular tangga yang dimainkan.

Berapa langkah tangga yang harus anak lakukan untuk jalan ke atas atau ke bawah dapat membantu anak lebih mudah berpikir mengenai angka.

Kelima, camilan.

Hampir setiap anak pasti menyukai camilan. Jadikan sesi makan camilan dengan anak menjadi sesi pembelajaran yang menyenangkan.

Pembelajaran angka lebih mendalam bisa diterapkan dengan menggunakan camilan. Melalui camilan angka bukan hanya sekedar lambang bilangan, tetapi sebuah nilai.

***

Ada banyak media pembelajaran angka yang bisa digunakan untuk membantu anak mengembangkan proses berpikirnya.

Setiap media memberikan manfaat yang sangat berpengaruh dalam perkembangan otak anak. Bagian kognitif anak akan terbantu dengan penggunaan media ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *