Intrapersonal Koleris Berpotensi Menjadi Pemimpin yang Sukses

RUANGNEGERI.com – Untuk membangun jiwa kepemimpinan pada generasi muda saat ini membutuhkan motivasi intrapersonal koleris. Menjadi karakter yang tegas dan kuat, justru beberapa orang dengan kepribadian seperti ini lebih banyak diacuhkan atau dianggap seperti tidak ada.

Mengapa? Karena mereka ini sangat dominan dalam bersikap sehingga setiap melakukan tindakan apapun dan mengungkapkan sesuatu pasti langsung pada tujuannya tanpa basa-basi.

Padahal, dengan memiliki tipe kepribadian seperti ini sangat cocok menjadi seorang pemimpin dengan kebiasaan suka mengatur dan konsisten atas keputusan apapun yang diambil.

Tapi, bukan berarti kamu bisa mengabaikan semua masukan dan saran dari orang-orang terdekat. Kamu harus tetap mempertimbangkan bagaimana jalan pikiranmu dengan masukan dari luar.

BACA JUGA: Punya Karakter Melankolis? Ketahui Cara Mengoptimalkannya

Motivasi Intrapersonal Koleris Pendorong Orang Berpikir Maju

Meskipun menjadi seorang koleris cukup bagus, tapi masih ada beberapa orang yang tidak menyukainya dengan alasan terlihat sok dan angkuh.

Pendapat seperti inilah perlu mendapat pembuktian dari kamu bahwa sebenarnya dengan karakter tersebut bisa memimpin secara bijaksana dan adil.

Tapi memang tidak sedikit yang memiliki kepribadian seperti ini justru bertindak semena-mena.

Sebenarnya, setiap karakter itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal bagaimana kamu mengolahnya supaya bisa membawanya menjadi pribadi positif sehingga cenderung menjadi orang yang perfect. 

Seseorang yang memiliki sifat dasar koleris selalu tampil dengan kelebihannya yaitu good speaker, jadi lebih dominan suka berbicara dari pada mendengarkan.

Dalam kondisi dan suasana apapun, si koleris ini tidak masalah jika harus tampil ke depan dan bahkan niatan untuk maju itu murni dari dirinya sendiri.

Individu yang menyukai public speaking selalu percaya diri dengan pembawaannya dalam berpenampilan dan menyampaikan sesuatu.

Salah satu hal yang bisa menjadi motivasi intrapersonal koleris adalah dari pola berpikirnya penuh dengan persaingan, sehingga semakin banyak penyukanya dan terdorong untuk menjadi seorang pemenang.

Tidak terkecuali di luar kompetisi, pemilik karakter koleris menganggap bahwa apapun yang dilakukannya adalah sebuah kompetisi (Mukhammad Yusuf, 2016)

Dalam mengetahui karakter masing-masing, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu siapa sih identitasmu sebenarnya. Sebagai seorang manusia, mencari identitas dan harga diri merupakan hal penting.

Memiliki karakter dasar koleris merupakan suatu keberuntungan bagi kamu agar bisa membawa diri dimana pun berada.

Karena, orang tersebut akan selalu terlihat smart, sehingga siapapun tidak bisa mengganggu dan berperilaku semena-mena kepadanya.

BACA JUGA: 5 Cara Membangun Jaringan Karier saat Kuliah

Kelebihan dan Kekurangan Koleris

Untuk menambahkan motivasi intrapersonal koleris, perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya tidak hanya kelebihan yang dimiliki oleh orang dengan karakter ini.

Karena jika dilihat secara keseluruhan, sebenarnya semua karakter dasar pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Lalu apakah kekurangan si koleris? Mungkin kamu hanya mengetahui bahwa dengan memiliki kemampuan dalam memimpin saja sudah cukup membuat orang tersebut sempurna.

Padahal, di waktu yang sama, si koleris ini juga kesulitan dalam mengontrol emosi ketika jiwa tegasnya itu keluar secara berlebihan.

Ketika karakter dasar ini dikenal dengan kemauan keras yang berbentuk secara alami, maka kekurangannya ini akan muncul, yaitu sangat mudah memerintah (Yusuf, 2016).

Sedangkan tidak semua orang mau diperlakukan seperti. Tidak heran jika beberapa orang justru merasa risih ketika diatur.

Lalu, apa hubungannya dengan generasi muda saat ini jika karakter dasar itu sudah ada sejak lahir?

Perlu diketahui bahwa tidak semua orang bisa menyadari bahwa dirinya itu seorang koleris. Dengan demikian, sebagian menggunakan karakternya itu dengan baik, namun beberapa justru memanfaatkannya untuk memandang rendah orang lain dan bertindak seenaknya.

Itulah mengapa untuk mengetahui siapa sih diri kamu sebenarnya sangat penting. Dengan mencari jati diri dan identitas, maka kamu bisa tahu bagaimana caranya membawa diri. Selain itu juga dapat memahami siapa yang saat itu sedang kamu hadapi.

Apabila kamu sudah mengetahui dan menyadari bahwa karakter yang dimiliki adalah koleris?

Jika sudah, maka akan lebih optimal jika mencari motivasi intrapersonal koleris supaya dapat mengetahui bagaimana harus bersikap dengan baik, meskipun kamu memiliki kepribadian suka memimpin.

BACA JUGA: Alasan Mengapa Kamu Perlu Ikut Organisasi Kampus

Generasi Muda Harus Memiliki Jiwa Pemimpin yang Baik

Seperti yang kita ketahui bahwa generasi milenial saat ini memiliki rasa ego cukup besar. Namun ketika menjadi pemimpin, belum tentu bisa mengimbangi antara tegas dengan bijaksana.

Sering kita temui bahwa anak muda saat ini semakin banyak yang memanfaatkan kecerdasan dan rasa beraninya untuk menggurui siapapun yang dibawahnya. Bahkan, sesekali merasa hebat dari orang yang lebih tua.

Padahal, sebagai generasi muda calon pemimpin bangsa harus bisa tegas tanpa mengesampingkan keadilan serta mengetahui mana hal baik dan mana yang buruk.

Generasi mudalah yang saat ini menjadi harapan bangsa untuk menjadi pemimpin guna menuju kesejahteraan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika banyak pemuda dengan karakter dasar koleris supaya bisa membawa negerinya untuk terus maju dan berkembang.

Motivasi intrapersonal koleris dapat membantu kamu untuk memaksimalkan jiwa kepemimpinan dengan baik, sehingga akan lebih banyak orang yang menyukaimu.

Bagaimana cara agar bisa menjadi pemimpin yang baik nantinya?

Cukup dengan bersungguh-sungguh dalam mencari pengetahuan dan pengalaman di usia muda. Karena pada masa inilah kemampuan berpikir akan lebih tinggi.

Pastinya, tetap dengan bimbingan dan melihat pengalaman dari orang-orang sebelumnya. Itulah mengapa meskipun menjadi seorang pemimpin tetap menghargai orang yang lebih tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *